Gak Segampang itu Bikin Konten

by - Sunday, January 06, 2019

Assalamualaikum. | Selamat Pagi/Siang/Malam. | Sawwadde Krub.

Akhir-akhir ini gua lagi disibuk-in sama semester pendek, yang jumlah perkuliahan dan tugasnya gak main-main. Disisi lain, gua juga punya channel YouTube yang bahas soal Football Manager, sebenernya channel itu udah lama, dari jaman Football Manager 2018 rilis gua udah bikin walaupun dulu fokusnya kepecah sama topik lain, nah mulai tahun ini mau gua fokusin aja sama konten FM. Seiring berjalannya waktu, gua sempet browsing-browsing di YouTube, ternyata channel yang dedikasikan konten dan bahasannya dengan FM berbahasa Indonesia itu cuma channel gua, that's mean ini peluang banget buat gua.

Dalam waktu singkat gua udah dapet subscriber sekitar 150an, emang sedikit sih kalo lu bandingin sama channel lain, karena gua emang ga pernah share dan promosi kemana-mana kecuali ke Facebook page channel ini aja, bahkan gua ga pernah sekalipun share ke Instagram gua, atau story di Instagram & Whatsapp. Jadi bener-bener penonton dan subscriber gua itu organik dari orang-orang yang minat sama FM dan nemu channel gua di YouTube.

Ternyata ga segampang itu untuk buat konten gaming, apalagi dengan device yang seadanya dan kesibukan gua sepanjang tahun 2018 jadi ketua UKM futsal dan pengurus di sana-sini. Alhasil gua mentok bikin konten sekitar 15 video, dari video-video itu channel gua mulai dikenal, bahkan ada video yang ditonton lebih dari 7000 kali, itu sih jadi pencapain tersendiri buat gua, komunitas mulai terbangun dan banyak yang komen, bener-bener kayak mimpi jadi kenyataan gitu sih.

Sampai suatu ketika FM 2019 rilis, dan gua udah beli game ini dari jaman pre-order, saat itu ada salah satu subscriber gua yang komen dan tanya, "bang kok gak pernah upload lagi?", disaat itulah gua sadar dan mikir, gimana caranya gua bikin konten lagi ditengah kesibukan gua, dan konten macam apa yang mudah dibuat tapi tidak menurunkan kualitas konten-konten yang sebelumnya pernah gua buat. 

Dan bego-nya, gua sempet janjiin subscriber gua bakal bikin video lagi kalo FM 2019 dah rilis (waktu itu sebelum FM 2019 rilis), dan sampe detik ini (06/01/2019) gua belom bikin video baru lagi.

Bencana bagi gua pun tiba...

Sekitar awal desember atau akhir november, muncul lah channel FM berbahasa Indonesia yang diisi dengan konten yang selalu fresh setiap harinya, tapi masih sangat sedikit peminatnya, sampai suatu ketika channel itu komen di channel gua dan saat itu gua notice keberadaannya. Ternyata channel itu milik salah satu pentolan di komunitas Football Manager Indonesia, yang pasti jauh lebih ngerti dan expert soal game ini, dan dia punya privilege untuk meluaskan sepak terjangnya dengan nama dan ketenaran yang dimilikinya. Sampe tulisan ini diterbitkan, channel itu udah punya subscriber sekitar 420, jauh lebih banyak dari channel gua yang baru 190.

Oiya, sebenernya gua ga bermaksud untuk iri atau merasa tersaingi dengan kehadiran channel itu, bahkan kehadirannya bener-bener bikin gua jadi terpacu untuk buat sesuatu yang lebih baru dan unik dengan ke-khas-an channel gua. Gua cuma baru sadar aja, kadang kesempatan gak dateng 2 kali, dan dikepala gua selalu terbayang-bayang "WHAT IF", ya, gimana kalo waktu itu gua gak berhenti bikin konten dan lebih gua seriusin, mungkin sekarang bisa sebanyak itu, karena dengan banyaknya orang yang minat dengan game ini dan jumlah anggota di komunitas yang selalu bertambah.

Pesan moral dari cerita gua ini adalah, terkadang lu harus sadar dengan apa yang lu miliki, apa yang pernah lu lakuin, dan apa yang pernah lu mulai. Karena terkadang dari itu semua kita gak sadar ternyata ada peluang dan kesempatan besar yang bahkan sebelumnya gak pernah lu bayangin.

Semoga setelah beberapa kali gua mengalami peristiwa kayak gini gua bisa lebih belajar dan lebih percaya ke kemampuan gua sendiri. Kuncinya "Jalani dulu aja".

Sekian.

You May Also Like

0 komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar, tapi jangan berkata kasar agar tidak terjadi kesalah pahaman disini, NO SARA and SPAM, Terima Kasih...